content top

SEO, Trik Pasang Meta Tag

Search Engine merupakan salah satu sumber darimana pengunjung kita datang. Kenapa? Begini penjelasannya, setiap orang yang ingin mencari informasi di internet selalu menggunakan bantuan search engine agar mendapatkan info yang relevan dengan mudah.Nah seandainya informasi yang dicari itu terdapat pada blog kita, maka ada kemungkinan orang tersebut menjadi pengunjung kita yang datang dari Search Engine. 

Sesimple itu kah?
Tentu gak! Banyak web-web lain yang memiliki info yang sama dengan kita, dan kita dituntut agar bisa bersaing memperebutkan posisi teratas dalam hasil pencarian.

Waaah, pasti terlihat gak mudah ya?
Sementara ada banyak web lain yang lebih terkenal dari blog kita Tapi kalau kita mau sedikit berjuang, mendapat posisi teratas dalam hasil pencarian bukanlah hal yang mustahil. Ada banyak sekali Search Engine yang bertebaran di internet, dan seperti yang kita tahu bahwa Google menempati posisi teratas sebagai Search Engine, namun kita jangan melupakan Search Engine lain seperti Yahoo, Bing, Ask, dll. Sebab jika blog kita friendly pada semua mesin pencari tentunya akan mendatangkan pengunjung yang banyak.



Untuk itu, apa yang pertama kali harus dilakukan?
Hal pertama yang perlu kamu pikirkan adalah informasi apa saja yang terdapat pada blogmu, jika blog kamu mengusung suatu tema tertentu (semisal tutorial desain grafis) pasti akan lebih mudah ditemukan daripada blog yang isinya campuraduk. Lalu yang kedua, pikirkan kata-kata apa saja yang mungkin dicari dalam tema yang kamu usung. Semisal blog kamu bertemakan desain grafis, maka kata-kata yang mungkin berhubungan seperti photoshop, corel draw, foto, edit, efek, dll.


Nah setelah menemukan kata-kata tersebut, jadikan kata-kata itu sebagai keyword (kata kunci) yang mungkin muncul pada Search Engine. Langkah selanjutnya adalah mendeskripsikan blog kamu dalam sebuah kalimat seperti "blog yang membahahas tutorial lengkap mengenai desain grafis". Usahakan kalimat itu panjang, ringkas, dan mampu menggambarkan blogmu secara keseluruhan, tapi ingat! Gak boleh lebih dari 200 karakter! 


Yups! Anggap sekarang ini kalian telah melakukan hal di atas, dan yang menjadi pertanyaan "Bagaimana mengaplikasikannya pada Blog kita?"Dalam memindai isi blog kita, yang pertama dipindai oleh mesin pencari bukanlah postingan kita melainkan kode html yang disebut dengan meta tag (<meta>) yang secara umum biasanya terletak diatas tag title (<title>)Untuk pengguna blogspot, kita jarang menemukan tag meta dalam template kita, karena itu sebaiknya kita tambahkan saja sendiri. Kode Meta secara umum sebagai berikut
<meta content='Isian Deskripsi Blog' name='description'/> 
<meta content='Isian Keyword' name='keywords'/>
Kode warna merah ganti dengan deskripsi blog yang udah kamu pikirkan tadi. Kode Hijau adalah kata kunci (keyword) yang berhubungan dengan tema blog kamu. Tapi! Untuk blogspot, kode tersebut akan berjalan kurang baik karena masih belum mampu mengindeks keseluruhan isi blog. Solusinya, kamu bisa memakai meta tag dibawah ini
<meta expr:content='data:blog.pageTitle + " - Isian Deskripsi blog"' name='description'/>
<meta expr:content='data:blog.pageTitle + ", keyword 1, keyword 2, keyword 3, dst"' name='keywords'/>
(Pengeditan sama seperti meta tag yang pertama) Lalu pastekan pada "rancangan" -> "Edit HTML" diatas kode <title> pada template kamu.Simpan templatenya!Tunggu! Tutorial masih belum selesai!Tutorial ini baru trik dasar SEO menggunakan meta tag, masih banyak lagi trik SEO untuk memperbagus posisi blog yang akan aku bahas di posting selanjutnya. Hmm... gak sadar udah nulis segini banyaknya, semoga bermanfaat deh buat kita semua!

content top